Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Wahai Muhammad, ingatlah ketika datang pertolongan Allah dan kemenangan bagimu. Engkau menyaksikan manusia masuk Islam berbondong-bondong. Wahai Muhammad, karena itu bertasbihlah kamu untuk menyatakan syukur kepada Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sungguh Tuhanmu sangat lapang dalam memberikan ampunan kepadamu.” (An Nashr, 110: 1-3)

KAWE_KAWE AMBO

Friday, 1 February 2013

TERPIKAT MASAKAN THAI?..RAHSIANYA TERLETAK PADA LIMA BAHAN


REPUBLIKA.CO.ID, Tradisi kuliner Thailand memiliki sejarah dan rasa yang kaya. Santapan Thailand dikenal dengan sajian mi dan kari pedas namun seimbang tepat yang mengombinasikan elemen berbeda dari tradisi Asia.

Bagi yang pertama kali, tampilannya mungkin terkesan mengintimidasi. Namun anda yang tertarik menyuguhkan sendiri santapan hasil masakan sendiri yang diinspirasi cita rasa Thailand, perlu tahu bahan-bahan umum yang selalu ada dalam masakan mereka. Berikut pengetahuan sederhana

Sos  Ikan

Meski kuliner Thailand merentang dari satu wilayah ke wilayah lain, ada satu bahan yang nyaris konstan dipakai yakni saus ikan atau nam pla. Dibuat dari ikan yang difermentasi, sausi ini memberikan rasa asin dan khas dalam kuliner Thailand.

Saus ikan hadir dalam berbagai variasi dan bisa digunakan dalam berbagai cara serta sering kali mengandung undang dan bumbu.

Pasta Cabai

Pasta kari dan cabai adalah saus paling populer dalam acara masak-memasak di Thailand. Setiap wilayah memproduksi variasinya sendiri dari pasta berasa manis dan pedas ini. Meski berbeda mereka dihancurkan dengan cobek dan uleg-uleg bersama bumbu dan bahan-bahan seperti udang, daun bawang dan bubuk kari.

Beberapa pasta cabai digunakan sebagai saus cocol dan tambahan makanan, sementara yang lain dijadikan bahan dasar masakan atau ditambahkan di atas nasi dan mi.

Nasi


Nasi ialah makanan pokok dalam tradisi Asia termasuk Thailand. Tipe nasi dengan aroma melati adalah salah satu yang populer di kawasan utara Thailand dan biasa disajikan bersama kari yang kaya rasa atau mie tumis daging.

Mi


Bahan makanan ini sering kali menjadi satu santapan utama. Mi adalah jenis makanan pokok lain di Thailand. Ada banyak jenis mi dan salah satu yang populer adalah mi beras yang biasa berbentuk lebar dan pipih, atau bulat.

Mi sering digunakan bersama sup atau masakan yang ditumis. Pad Thai adalah satu makanan populer Thai dari bahan mi dan mudah dipelajari serta dimasak di rumah. 

Kemangi Thailand


Mungkin inilah salah satu unsur yang memberi rasa paling khas dalam masakan Thailand. Kemangi Thailand jamak digunakan untuk masakan tumis dan kari. Sebagia tumbuhan asil Asia Tenggara, kemangi Thai memiliki adas berbeda dan rasa manis yang bisa tahan saat dimasak dengan panas tinggi. Bahan ini biasanya dijumpai baik dalam kari merah dan kari hijau dan juga bumbu istimewa untuk ayam dan masakan seafood.

No comments:

Search This Blog

Loading...

Gadget

This content isn't available over encrypted connections yet.

Archives

PING BUSUK

APESAL TENGOK JER...