Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Wahai Muhammad, ingatlah ketika datang pertolongan Allah dan kemenangan bagimu. Engkau menyaksikan manusia masuk Islam berbondong-bondong. Wahai Muhammad, karena itu bertasbihlah kamu untuk menyatakan syukur kepada Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sungguh Tuhanmu sangat lapang dalam memberikan ampunan kepadamu.” (An Nashr, 110: 1-3)

KAWE_KAWE AMBO

Sunday, 28 July 2013

3 RAHSIA BUAH KURMA

Mengenal rahasia makanan (3), rahasia buah kurma

(Arrahmah.com) – Buah kurma, buah yang umumnya dikenal dari negeri Arab ini kini juga telah banyak digandrungi di nusantara dan negara-negara lainnya. Dunia medis membuktikan bahwa kurma memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Khususnya di bulan Ramadhan ini, kurma biasanya diburu masyarakat untuk disajikan pada saat berbuka atau sahur. Tahukah anda bahwa kurma disebut-sebut sebagai makanan terbaik untuk yang berpuasa. Inilah istimewanya kurma:

Kurma makanan terbaik untuk yang berpuasa

kurma
Kurma mengandung unsur-unsur penting berupa vitamin mineral dan gula yang mudah diserap, dan membantu untuk mengurangi kelaparan dan memberi rasa kenyang dengan cepat, karena itulah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ
“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan”. (HR. Abu Daud)..
Dan Inilah yang banyak direkomendasikan oleh para ilmuwan Nutrisi Hari ini. Subhanallah!

Kurma berfungsi untuk pengobatan kelebihan berat badan

kurma1
Berdasarkan pengalaman dan penelitian, menegaskan  bahwa fokus mengkonsumsi beberapa biji buah kurma rutin setiap hari dapat membantu tubuh dan otak dalam mengatur sekresi hormon lalu masuk akal manusia sehingga mengirimkan sinyal merasa selalu kenyang sehingga mengurangi jumlah makanan yang biasa dikonsumsi, maksudnya adalah bahwa setiap biji kurma membantu mengatur dan mengurangi berat badan. Dengan demikian, beberapa peneliti mengatakan bahwa kurma adalah makanan utama untuk pengobatan obesitas! Dari sini kita mengingat sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam:

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ
“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. ( H.R Muslim).

Penyakit yang dapat disembuhkan oleh kurma (insya Allah)

Para peneliti saat ini menegaskan bahwa kurma adalah makanan yang sempurna untuk pengobatan lebih dari seratus penyakit, termasuk mengobati gangguan usus dan membantu usus untuk memfungsikan tugasnya secara efektif, begitu pula kurma mengandung komponen penting seperti mineral, garam dan vitamin dan mampu memberikan pengaruh terhadap fungsi otak dan tubuh yang hilang melalui unsur-unsur Makanan, dan yang demikian mampu menyebabkan stabilitas psikologis pada manusia. Ini berarti bahwa mengkonsumsi kurma setiap hari dan teratur akan mempengaruhi kondisi mental yang akan membuatnya lebih stabil, dan Subhanallah (Maha suci Allah) yang telah memberikan kepada kita makanan ini dan telah disebutkan dalam firmanNya:

وَجَعَلْنَا فِيهَا جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ وَفَجَّرْنَا فِيهَا مِنَ الْعُيُونِ (٣٤)لِيَأْكُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ وَمَا عَمِلَتْهُ أَيْدِيهِمْ أَفَلا يَشْكُرُونَ (٣٥)
“Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat Makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka Mengapakah mereka tidak bersyukur? (Q.S Yasin:34-35)

Air dan Kurma

kurmawater
Para peneliti dalam ilmu gizi juga menegaskan bahwa untuk puasa yang efektif harus ditopang pada air dan gula alami, dan gula yang terdapat pada kurma merupakan salah satu gula terbaik di dunia. Dalam penelitian menunjukkan bahwa manusia yang mengkonsumsi air dan kurma untuk periode dua puluh hari atau tiga puluh hari, maka tubuhnya akan terhindar dari berbagai racun yang terakumulasi dan vitalitasnya jauh lebih baik dari sebelumnya! Sebelum ada penelitian tersebut, Nabi shalallahu’alaihi wa sallam telah menegaskan kaidah ini dan berbicara tentangnya:

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْراً فَالْمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ
“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan dan jika tidak mendapatkan kurma maka dengan air putih karena ia adalah simbol kebersihan”. (H.R Abu Daud).

Kurma untuk Diet

kurma2
Kurma mengandung berbagai nutrisi yag dapat membuat orang merasa kenyang dan hilang rasa laparnya! Dan jika kita tahu bahwa alasan utama yang menyebebabkan soseorang mengalami obesitas adalah rasa lapar yang terus menerus dan nafsu makan yang tidak berhenti dan dengan demikian konsumsi lemak dan gula sangat banyak disaat makan.
Pengobatan yang jitu adalah dengan memakan beberapa butir kurma ketika terasa lapar sehingga akan membantu menimbulkan perasaan kenyang. Kurma-kurma tersebut akan memberikan tubuh berupa gula yang diperlukan dan mengatur gerakan usus dan selanjutnya mengurangi sebagian besar rasa lapar. Mengkonsumsi beberapa buah kurma setiap hari dapat mengurangi konsumsi makanan lainnya. Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam telah memberitahu kita bahwa:

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ
“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. (H.R Muslim).
Disini dapat kita simpulkan bahwa penanggulangan obesitas dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah kurma! karena dengan mengkonsumsi buah kurma setiap hari dapat mengurangi berat badan berlebih. Hal inilah yang ditegaskan oleh para ilmuwan hari ini, seperti yang diperintahkan oleh sang Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam pembawa rahmat pada empat belas abad yang lalu!

Kurma Basah dan Saat melahirkan

kurma ruthab matang
Para ilmuwan mengatakan: Bahwa rahim selama persalinan dan melahirkan sangat membutuhkan gula alami sebagai makanan untuk otot yang relatif besar. Karena kurma memiliki materi yang lunak dan mudah, sehingga sangat penting sebelum melahirkan untuk membersihkan usus besar dan usus serta memudahkan proses melahirkan. Oleh karena itu kurma sangat mempengaruhi otot-otot rahim, mengaktifkannya dan mengatur gerakan yang memudahkan kelahiran ibu hamil. Di sinilah tampak mukjizat dalam ayat Al-Qur’an saat disampaikan kepada Maryam ketika sedang mengandung Nabi Isa ‘alaihissalam:

فَأَجَآءَهَا ٱلۡمَخَاضُ إِلَىٰ جِذۡعِ ٱلنَّخۡلَةِ قَالَتۡ يَـٰلَيۡتَنِى مِتُّ قَبۡلَ هَـٰذَا وَڪُنتُ نَسۡيً۬ا مَّنسِيًّ۬ا (٢٣) فَنَادَٮٰهَا مِن تَحۡتِہَآ أَلَّا تَحۡزَنِى قَدۡ جَعَلَ رَبُّكِ تَحۡتَكِ سَرِيًّ۬ا (٢٤) 
إِلَيۡكِ بِجِذۡعِ ٱلنَّخۡلَةِ تُسَـٰقِطۡ عَلَيۡكِ رُطَبً۬ا جَنِيًّ۬ا (٢٥)
“Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia [bersandar] pada pangkal pohon kurma, ia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan”. (23) Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. (24) Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu (25). (Q.S Maryam: 23-25)
Subhanallah (Maha suci Allah), sebaik-baik Pencipta!

No comments:

Search This Blog

Loading...

Gadget

This content isn't available over encrypted connections yet.

Archives

PING BUSUK

APESAL TENGOK JER...